Rabu, 02 April 2014

Sedikit Mengenai
Rotary Engine.

Selain mesin 2 tak & 4 tak, ada satu jenis mesin lagi yang gak boleh dianggap remeh. Yup, mesin rotary !!! Mesin ini diciptakan oleh insinyur Jerman yang bernama Felix Wankel. Dia menciptakan mesin rotary pada tahun 1950-an di NSU Motorenwerke AG. 

Mesin rotary ato bisa juga disebut dengan mesin Wankel adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu (wikipedia). Mesin ini terbilang unik karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar & memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ato horisontal.

Salah satu keunggulan mesin rotary adalah mesinnya kompak & keluaran tenaga yang dihasilkan cukup besar meski kapasitas mesinnya terbilang kecil. Pada awalnya banyak pabrikan yang menggunakan mesin ini seperti GM, Mercedes Benz, Mazda, Rolls Royce dsb. Namun diantara semua pabrikan saat ini hanya tinggal pabrikan Mazda saja yang serius mengembangkan mesin rotary.
Hingga saat ini mesin rotary adalah dapur pacu wajib di jajaran mobil sport Mazda RX series. Kita ambil contoh Mazda RX8, kapasitas mesinnya cuman 1.300 cc tapi keluaran tenaganya mencapai 232 hp !!!
Mazda RX8
Dibalik semua keunggulan itu tentu ada kelemahan. Mesin rotary ini cukup boros bahan bakar. Mirip dengan mesin 2 tak lah. Sebagai info Mazda RX8 konsumsi BBM-nya rata2 sekitar 1:7 !!! Itu dalam kondisi normal lohhh…!!! Lain cerita kalo mobil dipake geber2an, udah pasti sering mampir ke pom bensin :) Kelemahan selanjutnya adalah boros oli & kadar emisi yang cukup tinggi.
Isu lingkungan menjadi perhatian serius pihak Mazda. Kabar terakhir menyebutkan bahwa generasi mendatang Mazda RX8 akan lebih hemat BBM sebesar 20% & berkadar emisi rendah. Mesin akan digunakan 1.600 cc (konfigurasi twin rotor 2×800 cc) dengan output sebesar 270 hp !!!
Bagaimana dengan motor ??? apakah ada motor yang pernah menggunakan mesin rotari ??? ternyata ada bro !!! Beberapa diantaranya adalah Suzuki RE5 yang diproduksi antara tahun 1975-1976, Norton F1, Norton NRV588 & NRV700.
Speknya 497 cc, tenaganya 62 hp @ 16.500 RPM & torsi 74,35 Nm @ 13.500 RPM !!!
Norton NRV 588, speknya 588 cc twin rotor, tenaga 170 hp & torsi 108 Nm !!!